Pages

Permasalahan Dalam Belajar Bagi Murid:


Ada-ada saja permasalahan dalam belajar yang dialami banyak murid. Baik hal sepele sampai hal yang serius. Dari hasil observasi yang dilakukan di beberapa Sekolah di Makassar permasalahan yang di hadapi murid antara lain:
1. Guru yang kurang berpengalaman
    Guru yang semestinya sebagai contoh dalam hal pelajaran. Tapi bagaimana bila guru itu sendiri tidak berpengalaman? Itu yang menjadi masalahnya! Sebanyak dan sesering apapun guru itu mengajar, kita akan kurang mengerti apa yang menjadi materi. Akibatnya, banyak yang mengeluh. Terutama pada saat ulangan. Sebagian murid ingin protes, tetapi takut akan kurangnya nilai, takut akan kehilangan "Nama". Dan dampaknya akan berakhir pada murid itu sendiri.
2. Guru yang memberikan jawaban tanpa menjelaskan pada saat murid mengerjakan tugas
    Banyak juga guru yang memberikan tugas tanpa menjelaskan. Hal ini membuat murid tak sepenuhnya mengerti materi yang di pelajari. Kadang-kadang ketika guru baru duduk di meja guru, dia langsung memberikan soal. dan ketika salah satu muridnya bertanya tentang soal yang sulit dijawab, bukannya menjelaskan, guru itu langsung memberikan jawaban. Akhirnya, murid akan kebiasaan diberikan jawaban dan akan berlanjut sampai ulangan dan kadang-kadang sampai UAN dan UAS.
3. Guru yang bercanda sampai berlebihan
    Kadang-kadang ada juga guru yang bercanda sampai membuat murid malas belajar. Misalnya, guru menjodohkan salah satu muridnya dengan murid lain. Murid itu menjadi marah dan akhirnya malas belajar.
4. Guru yang “kasar” terhadap muridnya
Kata “kasar” disini bukan berarti tindakannya yang kasar. Melainkan cara bicaranya yang kasar. Seorang guru mestinya menyayangi muridnya, mendukung hal baik yang dilakukan murid dan memuji hasil kerja kerasnya. Tapi, ada juga guru yang tega menghina muridnya. Bahkan hanya karena sedikit perbedaan pendapat antara guru dan murid, sang guru memaki muridnya sampai muridnya menangis. Berikut hasil wawancara saya dan beberapa murid yang mengalami hal ini:
a.    Saya             : Kamu punya guru yang kamu benci?
Narasumber 1 : Iya
Saya             : Dia orangnya gimana?
Narasumber 1         : Guruku itu orangnya nyebelin banget. Waktu itu, di kelasku lagi disuruh kerja tugas. Pas aku mau periksa, dia malah bentak-bentak aku. Katanya, susunannya harus sama dengan apa yang dia ajarkan. Karena aku nggak tahan dibentak, akhirnya aku nangis. Dia bilang aku cengeng.

b.    Saya              : kok kamu bolos sih?
Narasumber 2 : aku males dalam kelas.
Saya              : Kenapa?
Narasumber 2 : si nenek sihir yang mengajar.
Saya             : emangnya dia ngapain?
Narasumber 2         : si *** *** selalu saja ngehina aku. ‘kan aku duduk di bangku belakang, dia kira aku selalu cerita dan nggak ngedengerin penjelasannya. Padahal, aku selalu denger apa yang dia bilang. Jadi males liatin dia.

5. Guru yang pilih-kasih

Ini dia kasus yang paling sering dihadapi para murid. Guru yang pilih-kasih. Hanya karena jabatan orangtua dan status sosial orangtua, banyak guru yang memperlakukan muridnya berbeda. Hal ini dapat merusak semangat seorang murid dalam hal belajar.

Nah, itulah tadi beberapa Permasalahan yang sering dihadapi murid. Ini adalah kenyataan. Termasuk hasil wawancara saya dengan kedua narasumber. Diantara semua guru, pasti ada guru-guru yang baik. Jadi, kita tidak boleh berpikiran negatif kepada semua guru.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Aloha.. I come from Hawaii